Posted by : Unknown Sunday 22 February 2015
بِسْــــــــــــــــمِ اﷲِالرَّحْمَنِ اارَّحِيم

Assalamualaikum wr wb

 
Hay guys.... lama nih g posting nih blog...
kayaknya sudah dikerumunin banyak lalat nih.. hehehe ih becanda lagi.. :-)
hahaha memang susah deh kalo buat ngerawat, enaknya cuma buat buat aje, .. TS jangan dicontoh ya.. memang lagi semester awal jadi jarang buka internet, lebih lebih lagi bokek nih kawan, g ada paketan juga.. hihiihi TS lagi curhat nih..

ngomong ngomong tentang PENDIAM ... saya punya cerita nih, saya sendiri juga termasuk soalnya hehehe, walopun kelihatannya bukan pendiam saya mah jarang ngomong, bukannya takut, tp seperti tidak ada sesuatu yang ingin diomongin hehehe.

PENDIAM menurut ane sih sifat seseorang untuk menahan diri. itu aja deh kalo menurut ane. tp menurut kebanyakan orang PENDIAM bisa dimiliki semua orang lho... misalnye waktu sekolah ataupun kuliah sering kali dosen atau guru menanyakan "ada pertanyaan murid murid ???" spontan sekelas kagak ada yang jawab. apakah itu bisa dikatakan pendiam??? hellooo... bener sih, tp kurang tepat.

PENDIAM indentik dengan rasa malu yang berlebih. ketakutan akan sesuatu atau mungkin kesulitan mengungkapkan isi hati atau yang ada dalam benak kita dalam bentuk omongan. memang bagi kebanyakan orang berbicara mudah, tapi bagi seorang yang memiliki sifat PENDIAM, hal itu sangat sulit. 

berbicara pada dasarnya perlu yang namanya BERANI ?? bener kan.. 
tapi Berani saja tidak cukup untuk dapat mengungkapkan apa yang ingin dikatakan. tapi kemampuan berfikir kreatif atau juga kemudahan merasakan situasi sangat mempengaruhi. ketika kita hanya mempunyai keberanian, tp kita tidak tau apa yang kita ingin bicarakan, ya sudah, g ada gunanya sama sekali.

kembali lagi pada sifat PENDIAM ...
kebanyakan orang yang mempunyai sifat pendiam cenderung tidak banyak ngomong, ngomong hanya seperlunya saja {itu sih yang saya rasakan selama ini}
kebanyakan juga sulit bersosialisasi, selain itu yang g habis fikir, kadang mereka yang punya sifat PENDIAM berfikir aatau menanamkan mindset yang salah. seperti ini guys "aku g mau kenalan kalo dia g pengen kenalan duluan" lagi guys, "aku ga mau ngomong duluan, harus dia"

nah itu sedikit contoh teman, mindset seperti itu bukan malah menghilangkan sikap pendiam kita, namun malah menambah nya. hehehe
trus solusinya gimana ?????
ya kembali pada diri sendiri, kalo kita bener bener pengin berubah, maka kita harus yakin dan berusaha kalo kita bisa merubahnya, berani ngomong salah satunya, berani ngungkapin apa yang ada dalam hati dan pikiran. nah bisa kalian bayangkan sendiri kan??
 ya gitu deh pokoknya ...

menurut pengalaman ane, apa sih atau akibat apa yang bisa kita rasakan kalo punya sifat PENDIAM???
atau lebih kerennya susah seneng menjadi seseorang yang memiliki sifat pendiam ...

gini ane critain dah ..

1. kalo kita PENDIAM, sulit bersosialisasi atau mencari teman.
2. cenderung gugup kalo mau ngomong. gemeteran gitu deh.
3. kalo PENDIAM, sulit ngungkapin perasaan atau bingung cara ngungkapinnya. misalnya gini kamu ingin mempunyai pacar, tp karena sulit ngungkapin perasaanmu jadi sulit deh punya pacar. jangankan pacar, teman dekat aja kadang bingung mau ngomong apa. makanya kalo lagi cangkruan sering bunyi "krik krik krik" wkkwkwkw becanda..hehehe
4. kalo lagi ada tugas presentasi, sering lupa apa yang ingin diomongin. istilah jawanya "blekak blekuk" treus juga g lancar ngo,monngnya. akibatnya apa?? ya ilmu tidak terkirim dengan sempurna
5. yang memprihatinkan bagi seorang PENDIAM yaitu kadang kalo ada sesuatu yang butuh berani ngomong membuat si PENDIAM jadi g bisa apa apa. ill feel banget dah. #kasian gitu

tapi jangan salah seorang pendiam bukan hanya sebuah kekurangan saja. tapi ada sesuatu yang positif bagi mereka yang punya sifat pendiam
 1. cenderung berwibawa. kenapa ?? karena tidak banyak ngomong membuktikan kalo dia itu baik. tidak celometan.
2. terlihat terisi. apanya yang terisi??? hayo jangan berfikir aneh aneh dulu??  terisi itu otaknya guys .. hehehe jadi secara tidak langsung menjadi seorang PENDIAM membuat orang berfikir kalo dia itu PINTAR, smart.
3. jangan salah, jadi seorang pendiam akan lebih akrab kalo tau dia itu sebenarnya tidak pendian namun tidak cukup berani. gini maksudnya teman, kalo kita berteman dengan seorang yang punya sifat PENDIAM, kita akan merasa kalo dia itu sebenernya tidak PENDIAM, bahkan bisa lebih gokil dai pada kita. lebih lucu juga. tapi sayang karena ketidak beraniannya dia tidak pandai bersosialisasi.
4. senengnya jadi seorang pendiam apa sih??? pengen tau kan?? hahaha oke saya critain deh, senengnya jadi seorang pendiam itu seperti kita jatuh dari sebuah gedung. apa artinya?? jadi hidup seperti tidak ada hambatan. selalu senang mengikuti jalan hidupnya.
5. ada yang lain??? mungkin itu yang saya ketahui.
6. eh satu lagi, PENDIAM selalu berkaitan dengan mengalah. jadi kebanyakan orang yang pendiam itu punya sifat suka mengalah. inget mengalah belum tentu kalah kan. hehehe


ehheheh, oh ya perlu teman teman ketahui, menjadi seorang PENDIAM kadang merasa sulit, merasa terbebani, sedih, pokoknya kasian deh.
kalo punya masalah mereka cenderung memendamnya, g berani ngomong, cenderung "SUNGKAN" kalo ingin ngomong. trus kalo ada sesuatu yang ingin diomongkan, dia hanya berharap, orang yang diajak ngomong itu paham apa yang ingin diomongkan. nah ini yang sulit. istilah GAULnya #NGODE. tapi kebanyakan orang g paham bahasa tubuh mereka. makanya sangat disayangkan. padahal pada diri mereka sangat ingin ngomong, ngobrol, bersosialisasi.

trus apa yang kadang mereka lakukan kalo tidak bisa berani ngomong???
Allah SWT menciptakan manusia dengan kelebihan dan kekurangn masing masing. dibalik ketidak beraniannya pasti ada hal yang lain yang tidak bisa dilakukan orang lain. atau kelebihan khusus.

contoh hal yang mungkin mereka lakukan oleh seorang PENDIAM.
1. menulis. biasanya Blog adalah ssalah satunya.
2. dengerin musik
3. belajar
4. berfikir
5. sadar diri.


trus apa yang kita lakukan kalo kita mempunyai teman yang pendiam???
1. dekati mereka
2. support mereka, karena apa? pendiam itu butuh pengertian. sudah saya jelaskan tadi, kalo pendiam tu cenderung memendam masalah mereka, tidak ingin orang lain merasakan apa yang sebenarnya mereka rasakan (nilai plus bagi mereka yang PENDIAM),
3. mengalah untuk ngomong duluan.  kadang mereka menunggu kita untuk ngomong lho...
jadi jangan salah, mereka diam tapi perasaan mereka selalu berkata. itulah kenyataannya.
4. berusaha untuk prihatin pada mereka, kasih nasihat atau sejenisnya, biar mereka lebih semangat.


itulah sedikit cerita saya, saya memang sulit mengungkapkan dengan omongan, tapi dengan tulisanlah saya bisa cerita semuanya.

terimakasih dah mampir ... salam21

wassalamualaikum wr. wb


ٱلْحَمْدُ لِلَّهِ رَبِّ ٱلْعَٰلَمِين

Leave a Reply

Subscribe to Posts | Subscribe to Comments

Welcome to My Blog

viewed

Like Page

Chat Me!!

Labels

Blogger templates

- Copyright © 21choirul -Robotic Notes- Powered by Blogger - Designed by Choirul Anwar -