Posted by : Unknown Monday 7 September 2015
بِسْــــــــــــــــمِ اﷲِالرَّحْمَنِ اارَّحِيم

Assalamu'alaikum Wr. Wb

SABAR, sebuah kata yang sering orang lontarkan ketika mereka mendapat sebuah masalah atau perasaan. hehee knapa ya??
memang, erat kaitannya antara perasaan dengan sabar. kenapa sobat? hal ini dikarenakan kelebihan manusia di antra makhluk Tuhan lainnya adalah memiliki perasaan. perasaan disini diatikan banyak orang dengan fungsi hati. misalkan kita ambil contoh, ketika kita menangis, itu tanda perasaan kita sedang sedih. dan banyak contoh lainnya.
namun kenapa kali ini saya  bahas tentang SABAR??
sabar merupakan anugrah Tuhan yang diberikan kepada manusia. tidak semua orang dapat menahan amarah alias sabar terhadap masalah yang menimpanya. banyak orang berbicara, "sabar tidak ada batasnya" atau sebaliknya. namun pada intinya, sabar alias anugerah ini tidak ada batasnya. kenapa sobat??? ketika kita dapat sabar, artinya diri kita pecaya bahwa akan ada hal positif yang tejadi setelah ujian ini berakhir. kata itu merupakan salah satu contoh sabar yang tidak ada batasnya. semakin kita bisa menahan setiap masalah yang diterima, maka semakin besar kepercayaan kita terhadap segala rencana yang telah di berikan-Nya. namun kada orang berfikir kalau sabar ada batasnya. kenapa?? hal ini dikarenakan, mereka masih belum bisa mengontrol rasa emosi mereka. masih mendahulukan nafsu mereka.
trus bagaimana cara bisa lebih sabar dalam menahan setiap masalah yang diterima??
1. berusahalah untuk berbaik sangka (khusnudzon)
salah satu alasan kenapa kita harus selalu berbaik sangka adalah agar hati selalu bisa bersih, karena maksiat dapat membuat hati semakin hitam. selalu berusaha berbaik sangka akan menjadikan kita semakin sabar terhadapa perilaku yang orang lain lakukan kepada kita. sehingga rasa sabar akan dianugerahkan kepada kita. sehingga tingkat kesabaran kita semakin meningkat.
2. perbanyak puasa
puasa??? merupakan hal yang menurut banyak sumber menjadi hal yang bisa dilakukan untuk menjadikan kita semakin sabar. dikarenakan ketika kita berpuasa kita dituntuk untuk menahan segala sesuatu yang membatalkannya. hal inilah yang akan meningkatkan rasa sabar kita.
3. jauhi maksiat
maksiat yang kita perbuat merupakan salah satu hal yang mengotori hati nurani kita. semakin kita sering melakukan kesalahan atau bermaksiat, maka semakin pekat atau hitam hati kita. akan sulit untuk bersabar ketika hati sudah pekat dengan dosa. sehingga sebisa mungkin untuk menjauhi segala maksiat.
4. perbanyak berbuat baik
berbuat maik merupakan salah satu hal yang dapat membuat hati semakin cerah. semakin sering kita melakukan kebaikan, maka semakin bersih hati kita. ketika hati seseorang cerah maka, kesabaran akan mendekat pada kita.


trus, apa sih kekuatan sabar???
apa sih akibat kalo kita bisa sabar???
apa sih yang kita dapat kalo kita bisa sabar???

ini, yang tepenting. banyak sekali hal yang dapat kita dapatkan ketika kita sabar.
1. semakin dekat dengan Allah SWT
2. disukai banyak orang
3. hati semakin bersih
4. dijauhkan dari maksiat
5. kebaikan selalu datang
6. dll

subhanallah.. sungguh besar karuinia Allah SWT.
semoga kita senantiasa diberikan kesabaran. dan dijauhkan dari maksiat, yang membuat kita jauh dari-Nya.

mungkin cukup sekian cerita pengalaman singkat saya,
yang lupa CMIIW (Chat Me If I Wrong)
belajar bareng, sharing bareng, bermanfaat bareng.
semangat belajar kawan.

Wassalamu'alaikum Wr. Wb.

ٱلْحَمْدُ لِلَّهِ رَبِّ ٱلْعَٰلَمِين

Leave a Reply

Subscribe to Posts | Subscribe to Comments

Welcome to My Blog

viewed

Like Page

Chat Me!!

Labels

Blogger templates

- Copyright © 21choirul -Robotic Notes- Powered by Blogger - Designed by Choirul Anwar -